Header AD

6 Cara Pembuatan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah

6 Cara Pembuatan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah - Saat ini, sudah menjadi kebutuhan bagi seorang guru. Karena alat pembelajaran kurikulum 2013 membuat pekerjaan guru jauh lebih mudah. Dengan aplikasi absensi pendidikan ini, tidak perlu memasukkan nilai dengan susah payah, karena rencana pelajaran dapat cepat dan kemudian guru dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Saat ini, kami akan membagikan Aplikasi Absensi. Sekarang, untuk sekolah yang tidak memiliki aplikasi ini untuk semua tingkat kelas awal atau terakhir, segera dan dapatkan aplikasi tersebut. Silahkan klik link yang tersedia ditautan yang kami sediakan. Kami memiliki kalender dari blog terkenal. Dan kami membagi sebagian data administrasi dari kolega kami, yang dibuat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selengkapnya
Untuk jenjang:  Semua guru dan siswa
Bahasan Absensi
Cara mengunduh: Klik tautan lalu pada halaman baru untuk mengunduh dengan mudah. Kunjungi tautan "GoogleDrive.com" ini dan ketuk ikon unduhan di kanan atas halaman Google Drive.

Cara Pembuatan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah

  • Langkah awal aktifkan komputer yang terkait dengan webcam 


Dalam hal ini masih digunakan webcam internal dari netbook dengan ukuran 640x480 pixel. Ukuran ini dipilih karena merupakan ukuran standard dalam pengambilan citra supaya nantinya proses pencarian wajah menjadi lebih cepat karena resolusi yang digunakan tidak terlalu besar.

  • Pencarian Lokasi Wajah 

Pada Citra OpenCV ialah open source library computer vision, yang memudahkan pemrograman  deteksi wajah, face tracking, face recognition, kalman filtering dan berbagai metode artificial intelligent. OpenCV menggunakan sebuah tipe face detector yang disebut Haar Cascade classifier.  face detector  berhasil bekerja pada sebuah gambar.  Pendeteksi dapat menggolongkan jenis wajah atau bukan wajah asli. Sehingga dapat mendeteksi kebenaranya. ( Baca juga : 22 Administrasi Guru Kelas Dalam 1 File Excel  )

  • Croping Area Wajah 

Setelah ditemukan area yang mengandung wajah pada citra hasil capture webcam, langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan pada area wajah saja. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu komputasi dalam pemrosesan tahap berikutnya.

  • Perlu diketahui bagian persegi dalam gambar

 Adalah alat untuk membagiobjek namanya adalah Interest (ROI) pada openCV

  • Resize Area Wajah Hasil Cropping 

Setelah didapatkan area wajah lalu disimpan dalam format .JPG langkah berikutnya adalah mengubah ukuran gambar hasil cropping tersebut menjadi ukuran yang sama. Pada saat memotong area wajah akan dihasilkan ukuran yang berbeda karena jarak mahasiswa terhadap kamera tidak selalu tetap. Untuk memudahkan pengenalan lakukan resize. ( Baca juga : Download KI-KD Kurikulum 2013 Revisi 2018 SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK )

  • Filter Gabor 

Metode pengenalan obyek dapat didefinisikan sebagai proses penentuan identifikasi obyek berdasarkan database citra yang ada. Pada tugas akhir ini digunakan pendekatan algoritma Gabor Wavelet. Tujuan digunakannya Gabor Wavelet adalah untuk memunculkan ciri-ciri khusus dari citra yang telah dikonvolusi terhadap kernel . Sebagai filter digunakan Gabor Wavelet kernel 2D yang diperoleh dengan memodulasi gelombang sinus 2D pada frekuensi dan orientasi tertentu dengan Gaussian envelope. 

  • Penghitungan Nilai Similarity   

Pada langkah ini akan dicari nilai kemiripan dari citra video yang akan dijadikan input program untuk dikenali berdasarkan nilai fitur yang diketahui. Titik-titik gabor jet response dari citra database dan citra yang akan dikenali dibandingkan dengan menerapkan prosedur graph matching similarity, yaitu dengan memaksimalkan kemiripan magnitude Gabor antara graph model wajah citra video dengan citra pada database. ( Baca juga : 9 Tahun Ajaran Baru di Korea yang Luar Biasa )


Bahasan mengenai 6 Cara Pembuatan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah. Bagi yang ingin memilikinya dan mengunduhnya, kami ucapkan terima kasih.
6 Cara Pembuatan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah 6 Cara Pembuatan Aplikasi Absensi Deteksi Wajah Reviewed by endra on Juli 11, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD